PELANTIKAN PIMPINAN UMUM AL QURANIYYAH SEBAGAI SALAH SATU PENGURUS LPTQ BANTEN

Gubernur Mengukuhkan Pengurus Baru LPTQ Banten

By Redaksi Last updated Dec 21, 2020 463 0

SERANG, (LPTQ).-

 

Gubernur Banten secara resmi mengangkat pengurus baru Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Tingkat Provinsi Banten, melanjutkan masa bakti pengurus sebelumnya (2017-2022) yang menyisakan dua tahun lagi. Struktur baru ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Banten No. 451.15.05/Kep.291-Huk/2020.

 

Bertempat di rumah dinas Gubernur Banten, Senin (21/12/2020), Dr Wahidin Halim selaku Gubernur, melantik dan mengukuhkan Pengurus LPTQ Banten masa bakti 2017-2022.

Selaku Ketua Umum dijabat secara ex officio oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Banten. Sedangkan Ketua Harian dimandatkan kepada Dr. H. Ahmad Tholabi Kharlie, S.H., M.H., M.A. dari unsur Perguruan Tinggi.

 

Struktur LPTQ Banten pada prinsipnya mengacu kepada sejumlah regulasi nasional terkait, meski dengan sejumlah modifikasi. Yakni,  Keputusan bersama Menteri Agama No. 151 Tahun 1977 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri No 19 Thn 1977 tentang Pembentukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an, Keputusan Menteri Agama No 28 tahun 1977 tentang Susunan Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Nasional, Surat Keputusan Bersama Menteri Agama Nomor 48 Thn 1988 dan Menteri Dalam Negeri Nomor 182 A Thn 1988 tentang Pengembangan Organisasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an, Keputusan Menteri Agama No 240 tahun 1990 tentang susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an.

 

Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat duduk dalam jajaran Dewan Penasihat dan Pimpinan Harian. Selain Gubernur, Wakil Gubernur, Ketua DPRD Banten, antara lain: Ketua MUI, Kepala Kanwil Kemenag Banten, Sekretaris Daerah, dan Prof Dr KH E Syibli Syarjaya.

Di jajaran Pengurus Harian antara lain: Prof Dr H Sholeh Hidayat, Prof Dr Syafuri, Prof Dr Ilzamuddin Makmur, Prof Dr Wawan Wahyudin, Prof Dr Djawahir Hedjazziey, Dr Chusairi Rusydi, Dr KH Muhammad Sobron Zayyan, KH Abdul Wahid Sahari, Drs H Abdul Rojak, dan sejumlah nama lain yang selama ini aktif berkecimpung dalam pembinaan tilawatil Quran di Banten.

 

Dengan gayanya yang rileks, Gubernur Banten, menyampaikan sejumlah pesan kepada Pimpinan LPTQ yang baru dikukuhkan. Wahidin menegaskan kembali tentang komitmen Pemerintah Provinsi Banten untuk meningkatkan mutu keberagamaan masyarakat Banten melalui pelbagai kebijakan startegis.

“Kita bersyukur, saat ini Banten termasuk dalam jajaran provinsi dengan predikat unggul, dalam berbagai bidang”, pungkasnya.

Menurut Wahidin, raihan prestasi Banten dalam beberapa tahun ini menunjukkan rekognisi nyata Pemerintah Pusat dan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Banten.

“Oleh karena itu, saya meminta LPTQ Banten terus bersinergi dan meningkatkan kinerjanya sehingga prestasi Banten pada event MTQ atau STQ Nasional tetap berada pada level puncak,” pintanya.

 

Harapan Gubernur disambut oleh Ketua Harian LPTQ Banten yang baru, Dr Ahmad Tholabi Kharlie. Dalam pernyataannya di hadapan Gubernur, Tholabi menegaskan tentang pentingnya LPTQ menyusun rencana strategis dalam beberapa tahun ke depan untuk menentukan arah kebijakan dan kegiatan, sesuai yang diharapkan Gubernur. “Kami sedang merancang sejumlah rencana jangka pendek, menengah, dan panjang.

Diharapkan LPTQ Banten mampu melahirkan karya nyata, tidak hanya dalam konteks kegiatan seremonial tapi juga sistem dan kelembagaan pendidikan serta pembinaan Alquran yang bersifat permanen dan monumental di Banten”, terangnya.

 

Tholabi meyakini Pemprov Banten akan mendukung semua konsep dan perencanaan LPTQ Banten dalam rangka mewujudkan Banten yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghaffur, sebagaimana yang diharapkan Gubernur.

 

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Banten, Septo Kalnadi, selaku Ketua Umum, mengutip informasi dari Sekretaris Daerah Banten, menunjuk progres pembangunan Quran Center yang saat ini masih berlangsung. Gedung ini akan menjadi pusat kegiatan keagamaan dan pembinaan Alquran di Banten.

 

“Gedung yang menghabiskan sekitar 80 miliar diharapkan akan menjadi center of excellence bagi pembinaan keagaan di Banten”, harapnya.

 

Lebih lanjut Septo berharap LPTQ Banten memanfaatkan gedung yang reperesentatif ini untuk membina masyarakat, khususnya dalam pembinaan Alquran di Banten.

 

“LPTQ Banten berencana mengisi gedung ini dengan kegiatan-kegiatan pembinaan yang dirasakan oleh masyarakat Bante,” pungkasnya. (Syair)***

 

 

Sumber :

https://lptqbanten.com/gubernur-mengukuhkan-pengurus-baru-lptq-banten/

Tag : lptq banten lptq 

Popular Artikel
Sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Quraniyyah
Berawal tahun 1991, Dr.KH.Sobron Zayyan MA muda tepatnya Kelas 2 PGA, berhasil menjadi Juara Nasiona..
PELANTIKAN PIMPINAN UMUM AL QURANIYYAH SEBAGAI SALAH SATU PENGURUS LPTQ BANTEN
Gubernur Mengukuhkan Pengurus Baru LPTQ Banten By Redaksi Last updated Dec 21, 2020 463 0 SER..
Pendidikan Sebagai Investasi Jangka Panjang
Profesor Toshiko Kinosita mengemukakan bahwa sumber daya manusia Indonesia masih sangat lemah untuk ..